Sukses

Beauty

Gen Tidak Picu Kanker Payudara

Untuk wanita, memang kanker payudara adalah penyakit kedua yang sangat mematikan setelah kanker kulit. Sangat berbahaya pastinya. Apalagi, obat untuk penyakit ini belum ditemukan.

Jadi, usaha-usaha yang dilakukan melalui berbagai treatment hanyalah usaha untuk mengangkat kanker dalam tubuh wanita. Tidak ada yang menjamin bahwa setelah treatment, mereka tidak akan menderita kanker payudara lagi.

Lalu, bagaimana sih seorang wanita sampai terkena kanker?

Seperti yang kita ketahui, ada 2 faktor yang bisa menyebabkan seseorang didiagnosa menderita kanker payudara. Yang pertama yaitu faktor genetik. Yang berarti, wanita akan memiliki peluang untuk menderita kanker ketika dia memiliki silsilah keluarga dengan penderita kanker.

Yang kedua yaitu berkaitan dengan faktor lingkungan, seperti gaya hidup dan juga pola makan sehari-hari.

Yang akan kita bahas yaitu faktor pertama, faktor genetik. Menurut breastcancercare.org.uk, kebanyakan kasus kanker payudara terjadi secara acak.

Nah, yang menarik adalah, dari kasus kanker payudara yang terjadi, hanya kurang dari 10% yang disebabkan oleh adanya gen yang diturunkan. Jadi, kemungkinan seorang wanita untuk menurunkan penyakit kanker payudara ini tidak terlalu besar.

Nah, dengan kemungkinan yang sangat kecil ini, bagaimana bisa kanker menjadi penyakit kedua yang mematikan?

Jawabannya ada pada pola hidup kita. Coba teliti lagi, bagaimana daftar menu kita sehari-hari? Apakah banyak junk food yang kita makan? Gaya hidup kita juga tentunya patut dikoreksi lagi.

Kalau hanya dari faktor hereditas, angka penderita kanker payudara seharusnya bisa lebih rendah, bukan?

Oleh: Septia Ningrum



(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading