Nafas yang Berbunyi = Asma?

Senin, 22 Juli 2013 06:50



(c)shutterstock

Vemale.com - Apakah saat bernafas, Anda mendengar bunyi seperti siulan seiring dengan irama nafas? Banyak orang yang menyebutnya ‘mengi’. Benarkah nafas yang berbunyi ini termasuk tanda-tanda asma?

Menurut situs asthma.about.com, salah satu gejala yang umum terjadi pada penderita asma adalah nafas yang berbunyi. Saat menarik dan mengeluarkan nafas akan diiringi dengan bunyi yang serupa dengan bunyi peluit, baik saat bernafas dengan hidung maupun mulut.

Nafas yang berbunyi ini disebabkan oleh peradangan sehingga udara yang keluar dari paru-paru akan terhimpit dan berbunyi—akan semakin sulit bagi penderita asma untuk bernafas. Penderita asma juga mengalami peradangan pada sistem pernafasan, namun tidak berarti semua orang yang nafasnya berbunyi merupakan penderita asma. Banyak penderita penyakit yang berhubungan dengan oragan pernafasan yang juga mengalami nafas yang berbunyi ini, antara lain penderita pneumonia dan gangguan pita suara.

Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa Anda mengidap asma saat nafas Anda berbunyi?
•    Batuk yang parah, terutama saat malam hari.
•    Dada yang sesak saat bernafas.
•    Nafas yang pendek-pendek.

Kapankah waktu yang tepat untuk mengonsultasikan nafas yang berbunyi ini pada dokter? Terdapat dua kondisi: yang pertama, saat Anda mengalami nafas berbunyi untuk pertama kalinya dalam kurun waktu yang lama, dan yang kedua saat nafas berbunyi Anda semakin parah.

Saat Anda mengonsultasikan pada dokter dan ternyata Anda negative mengidap asma, maka dokter akan mencari penyebab lainnya terutama pemicu dan kapan saja Anda mengalami nafas yang berbunyi ini.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/sfg)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...