Sukses

Parenting

Mengenal Obat-obatan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

Ladies tentu sudah mengenal obat-obatan radioaktif dan efek sampingnya terhadap ibu yang sedang menyusui. Namun, tahukah ladies bahwa ada beberapa jenis obat-obatan yang benar-benar tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Berikut adalah obat-obatan yang harus dijauhi oleh ibu menyusui yang seperti dikutip dari breastfeeding-magazine.com.

•    Bromokriptin atau Parlodel
Bromokriptin merupakan obat bagi penderita Parkinson yang dapat memberikan efek samping berupa berkurangnya produksi ASI.

•    Obat Kemoterapi
Obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi bertugas untuk membunuh sel-sel kanker dan dapat memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh bayi anda.

•    Ergotamin
Jika anda mengonsumsi obat ini saat terserang migrain, maka bayi anda dapat menderita efek samping berupa mual, muntah, diare, hingga kejang-kejang.

•    Litium
Litium merupakan obat yang digunakan untuk penderita depresi dan dapat mengalir dalam air susu anda sehingga bayi anda secara tidak langsung akan mengonsumsi obat ini juga.

•    Metotreksat
Metotreksat merupakan obat untuk artritis yang memberikan efek samping berupa penurunan sistem imun pada bayi anda.

•    Obat-obatan terlarang
Kokain, heroin, amfetamin, ganja, dan obat-obatan terlarang lainnya dapat memberikan efek yang cukup buruk bagi bayi anda yakni tidur yang tidak teratur, muntah, kejang-kejang, hingga kecanduan pada obat-obatan tersebut.

Ladies sekalian yang sedang menyusui, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi obat-obatan tersebut. Selain beberapa dari obat tersebut berbahaya bagi anda, seluruh obat di atas sangat membahayakan kesehatan bayi anda.

Oleh Lies Nureni


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading