/kesehatan/27945-ikan-dan-air-susu-ibu.html

Ikan dan Air Susu Ibu

Minggu, 21 Juli 2013 15:58



(c)shutterstock

Vemale.com - Ketika sedang menyusui, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu, termasuk makanan. Banyak makanan yang bisa memberikan nutrisi tambahan pada buah hati anda dan ada juga yang bisa berbahaya bagi kesehatannya, salah satunya adalah ikan.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh seorang ibu menyusui adalah bolehkah makan ikan ketika menyusui? Ikan adalah sumber nutrisi asam lemak omega-3 yang eksklusif. DHA dan EPA hanya bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ikan. DHA dan EPA adalah asam lemak penting yang berpengaruh pada pertumbuhan otak dan mata buah hati anda. Selain itu, ikan juga kaya protein, vitamin D dan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati anda, Ladies.

Akan tetapi, beberapa jenis ikan mengandung merkuri dalam jumlah besar. Bagi anda yang belum tahu, merkuri adalah bahan berbahaya yang terkandung dalam ikan. Merkuri, berkebalikan dari asam lemak omega-3, sangatlah berbahaya untuk perkembangan otak dan sistem syaraf buah hati anda.  Menurut babycenter.com, seperti halnya omega-3, merkuri juga bisa masuk ke dalam air susu ibu dan masuk ke dalam buah hati yang anda susui.

Berhenti makan ikan tentunya bukanlah pilihan yang bisa anda lakukan begitu saja mengingat banyaknya manfaat dari ikan yang bisa anda berikan pada buah hati anda. Maka dari itu, berhati-hati memilih ikan bisa jadi langkah yang baik untuk memastikan buah hati anda menerima nutrisi yang dibutuhkan tanpa membahayakan perkembangan otak dan sistem syarafnya.  

Mamor Adi P
   

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...