Sukses

Parenting

Puber Pada Anak Laki-Laki

Menjelang usia 7 hingga 14 tahun, seorang anak laki-laki biasanya akan memulai perubahan pada tubuh anak-anaknya untuk dan akan menjadi tubuh yang siap menjadi dewasa. Masa-masa transisi antara anak-anak dan dewasa inilah yang disebut dengan masa pubertas.

Ladies, perlu anda ketahui bahwa sebenarnya perubahan ini adalah sesuatu yang wajar serta tidak perlu dikhawatirkan kemunculannya pada buah hati anda. Tetapi, seperti rekomendasi dari kidshealth.org, anda sebagai orang tua sebaiknya juga tetap mengawasi proses tumbuh kembang anak anda karena perubahan ini tidak selalu dimengerti oleh setiap anak.

Perubahan yang mendasar pada anak laki-laki pada masa pubertas yang sedang dilaluinya adalah munculnya bulu rambut pada area sekitar kemaluan serta jenggot, kumis serta cambang yang turut tumbuh.

Selain bulu rambut, perkembangan buah hati anda akan diikuti juga dengan perkembangan penis dan testis yang semakin membesar. Perubahan kedua ini adalah perubahan terhadap tanda-tanda primer seks pada si kecil.

Perubahan-perubahan yang terjadi ini kemudian akan terus muncul termasuk pada postur tubuh anak anda. Tinggi anak yang sedang dalam masa puber akan mengalami peningkatan yang amat pesat. Selain itu, pertumbuhan pada postur tubuh buah hati anda juga akan mempengaruhi tubuh si kecil yang dapat semakin berotot serta pundak yang melebar.

Perubahan perubahan pada masa puber ini disebabkan oleh hormon testosteron yang dihasilkan sehingga merangsang tubuh untuk mulai berkembang lebih dewasa.


Penulis: Yudha Yanuar A.



(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading