Lima Tanaman Herbal Untuk Meringankan Penyakit Asma

Jum'at, 19 Juli 2013 13:02



(c)shutterstock

Vemale.com - Penyakit asma adalah penyakit yang tidak bisa benar-benar sembuh secara total. Yang dapat dilakukan oleh penderita asma adalah mengkonsumsi obat-obatan untuk penyakit asma. Namun tidak hanya obat-obatan saja yang dapat meringankan penyakit asma, terdapat beberapa tanaman yang dipercaya dapat mengobati penyakit asma.  

Berikut ini adalah lima tanaman herbal yang dipercaya dapat meringankan penyakit asma seperti yang dikutip dari life.gaiam.com.

1.    Ma Huang atau biasa disebut Ephedra
Penggunaan Ma Huang sebagai ramuan peringan penyakit asma harus diawasi oleh dokter karena konsumsi Ma Huang dapat berpotensi meningkatkan detak jantung. Ma Huang berfungsi sebagai bronchodilator yang berguna untuk membuka saluran pernafasan yang menyempit.

2.    Coleus Forshkholii
Tanaman ini mengandung forskolin yang juga berfungsi sebagai bronchodilator. Namun bagi penderita asma yang juga mengkonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah, sebaiknya tidak mengkonsumsi tanaman herbal ini.

3.    Lobelia
Lobelia dipercaya dapat meringankan gejala penyakit asma. Namun penggunaannya harus dalam dosis yang sedikit dan di bawah penanganan dokter karena berpotensi mengandung racun. Lobelia tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat-obatan untuk penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

4.    Jamur Reishi
Jamur Reishi dipercaya sebagai tanaman obat yang berguna untuk menghindari penyempitan saluran pernafasan. Jamur Reishi juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur Reishi bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan makanan.

5.    Glycyrizza
Tanaman ini bermanfaat untuk menenangkan organ pernafasan dan menguatkan hormon adrenalin. Namun penggunaan tanaman ini sebagai peringan penyakit asma tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/sfg)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

1 September - 7 September
Capek sekali di minggu ini namun Anda harus tetap bertahan Pertahankan...