Sukses

Parenting

Mengontrol Perilaku Anak ADHD

ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder ditandai dengan anak susah berkonsentrasi, hiperaktif, dan bertindak spontan tanpa memikirkan resiko. Dalam mengontrol perilaku anak ADHD yang demikian tersebut, salah satu kunci suksesnya adalah penerapan peraturan yang konsisten yang mudah dipahami dan diikuti oleh buah hati yang mengalami ADHD.

Sebelum menerapkan peraturan, ladies harus terlebih dahulu membuat peraturan yang jelas dengan disertai batasan dan ekspektasi yang mudah dipahami oleh buah hati. Buah hati yang mengalami ADHD membutuhkan gambaran tentang apa yang orang lain inginkan dari mereka.

Dalam menerapkan peraturan, ladies harus disiplin. Hal ini berarti bahwa ladies boleh untuk tidak menoleransi beberapa perilaku yang dilakukan anak dengan memberi sangsi. Namun sangsi yang diberikan jangan terlalu berat, cukup dengan misalnya tidak boleh menonton tivi selama satu jam.

Seperti yang dikutip dari webmd.com, selain mengontrol perilaku anak ADHD dengan menerapkan peraturan, ladies juga harus membantu anak untuk mengatur waktu dan barang-barangnya mengingat anak ADHD sangat ceroboh.

Beberapa cara yang dapat ladies lakukan adalah:

1. Membiasakan anak ADHD melakukan rutinitas yang sama sesuai waktu yang disepakati, mulai dari bangun pagi, bermain, belajar, nonton tivi, olahraga, dan aktivitas lainnya.

2. Membantu anak ADHD membereskan peralatan sekolah, pakaian, dan barang-barangnya.

3. Menggunakan buku notes untuk mencatat hal-hal penting yang perlu dilakukan anak ADHD.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading