Sukses

Parenting

Mengatasi Anak yang Memiliki OCD

Apa itu OCD? Apa saja gejala anak memiliki OCD? Bagaimana mengatasinya? Ada baiknya anda menyimak penjelasan dari education.com berikut ini.

Istilah OCD atau Obsessive-Compulsive Disorder, seperti namanya, ditunjukkan akan obsesinya yang berlebihan akan sesuatu yang menyebabkan ia melakukannya secara berulang kali hingga menjadi kebiasaan

Walaupun secara medis OCD dikategorikan ke dalam gangguan mental, sisi positif OCD adalah perfeksionis. Seseorang yang memiliki OCD cenderung memiliki perencanaan yang matang dan berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Gejala anak anda mengalami OCD dapat anda amati dengan jelas yakni “ritual” yang dilakukan berulang kali seperti sering mencuci tangan karena takut kuman akan hinggap di tubuhnya, mengecek berulang kali apakah pintu sudah terkunci, phobia akan hal-hal tertentu, kecemasan berlebihan akibat yang ia dapatkan setelah melakukan sesuatu, terganggu akan hal-hal yang tidak simetris, dan lain-lain.

Apabila anda merasa gejala-gejala tersebut ada pada anak, berikut adalah tips dari education.com untuk anda.

1. Ketahui “ritual” yang ia lakukan.

Kenali apabila anak menunjukkan obsesi pada kebersihan dan kerapian. Dengan cara ini anda dapat menentukan langkah selanjutnya.

2. Gunakan terapi Cognitive-Behavior.

gunakan terapi Cognitive-Behavior. Anda dapat menghubungi psikolog untuk sesi terapi dimana riset membuktikan bahwa keterlibatan orang tua sangat membatu kesembuhan anak.

3. Jangan memberitahukan anak tentang OCD yang ia miliki.

Secara medis, OCD adalah gangguan mental dimana bagian otak yang berperan bereaksi pada bahaya (kuman, penjahat, hewan, ketinggian), bukan logika. Berbicara dengannya justru akan membuatnya melakukannya kembali.

4. Bantu anak kurangi ritual yang ia lakukan.

Berlakulah tegas dan konsisten dengan mendisiplinkannya untuk mengurangi ritualnya.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading