Sukses

Beauty

Menyanyi Bersama Sehat Untuk Jantung dan Paru-Paru

Sejak dulu, menyanyi dianggap sebagai sarana untuk melegakan perasaan dan membuat bahagia. Sederhana memang, bahkan menyanyi saat mandi bisa membuat seseorang lebih bahagia dan gembira. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka yang senang menyanyi bersama atau dalam paduan suara jauh lebih sehat.

Dilansir dari situs Newsmaxhealth.com, sebuah penelitian dari University of Gothenburg di Swedia menunjukkan bahwa mereka yang suka menyanyi bersama atau tergabung dalam paduan suara memiliki detak jantung yang lebih sehat. Selain itu, sistem pernapasan mereka lebih baik dan teratur.

Saat menyanyi dalam paduan suara, ada harmoni nada yang harus dicapai. Olah vokal dalam sebuah tim paduan suara akan membuat seseorang memiliki pola napas yang hampir sama dengan latihan yoga. Pola pernapasan yang tenang dan teratur akan memberi efek bagus pada kesehatan paru-paru dan jantung.

Selain olah pernapasan yang membuat tubuh makin sehat, bernyanyi dalam harmoni yang indah akan memberikan efek baik bagi mental. Dengan kata lain, seseorang akan lebih bahagia. Hasil penelitian ini ditulis dalam jurnal Frontiers di Neuroscience.

 BACA JUGA:

Makan Putih Telur Bisa Menurunkan Darah Tinggi dan Sehatkan Jantung

Orang Bahagia dan Ceria Punya Jantung Yang Lebih Sehat

Kurang Tidur dan Begadang Sebabkan Berat Badan Naik

Menggambar Makanan Bisa Menunda Lapar dan Bikin Bahagia

Minum Banyak Air Putih Terbukti Menurunkan Berat Badan

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading