Sukses

Parenting

Kasus Kematian Anak di Kamboja disebabkan oleh Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut

Tahukah anda apa penyakit misterius yang telah membunuh anak-anak di Kamboja tahun 2012 lalu? Berikut adalah paparan dari time.com tertanggal 9 Juli 2012.

Tes laboratorium menunjukkan bahwa virus yang menyebabkan anak-anak meninggal di Kamboja adalah EV-71 yang telah membunuh lebih dari 59 anak pada April tahun lalu seperti dikutip dari WHO dan Kementrian Kesehatan Kamboja.

Lebih jauh, Dokter Ketua Tim Investigasi dari WHO, Dr. Nima Asgari menyatakan bahwa EV-71 tidak dikategorikan sebagai virus di Kamboja. Virus ini menyebabkan kelumpuhan, bengkak pada otak, dan kematian. Di Kamboja, yang paling banyak diserang adalah anak di bawah umur 3 tahun yang menunjukkan gejala gangguan saluran pernapasan akut.

Penyakit tangan, kaki, dan mulut disebabkan oleh bintil merah pada kulit, permukaan tangan, dan lidah pasien disertai dengan melepuhnya bintil-bintil tersebut. Gejala awal dari penyakit ini adalah demam, radang tenggorokan, serta kadang-kadang kurang nafsu makan dan tidak merasakan enak pada saat makan. Setelah satu hingga dua hari setelah demam dimulai, radang mulai menjalar ke mulut atau tenggorokan hingga akhirnya keluarlah bintil-bintil merah yang melepuh.

Penyakit ini dapat menular melalui bersin, batuk, dan kontak dengan bintil-bintil merah serta melalui tinja pasien yang terinfeksi virus. Time.com lebih jauh menjelaskan bahwa belum ada vaksin atau obat dari penyakit ini.

Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan hal-hal berikut untuk pencegahan.

1.Cuci tangan anda sesering mungkin.
2.Pastikan anda mencuci barang-barang dengan bersih.
3.Hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi penyakit ini

Oleh: Nastiti Primadyastuti



(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading