Sukses

Parenting

Kenali Dengan Baik Nafsu Makan Pada Anak Remaja

Manusia terkadang mengalami perubahan selera makan ketika memasuki masa-masa tertentu. Tapi yang jelas selama masih masa pertumbuhan, seperti ketika remaja, ada kalanya nafsu makan terasa meningkat dan sangat tinggi ditunjang dengan berbagai aktivitas yang diikuti baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Hal ini tidak akan menjadi masalah selama berat badan mereka masih normal. Masalahnya adalah ketika nafsu makan meningkat, berat badan akan cenderung meningkat. Celakanya lagi, seperti dilansir oleh healthychildren.org, masa remaja merupakan masa di mana buah hati Anda mementingkan penampilan fisiknya.

Ketika mereka merasa terlalu banyak makan dan kelebihan berat badan, mereka akan melakukan beberapa cara untuk menurunkan kembali berat badannya. Sayangnya mereka kurang mengenal metode yang ampuh dan menyehatkan untuk itu.

Malah mereka lebih sering terjebak dalam masalah kesehatan seperti bulimia maupun anoreksia. Gangguan makan ini biasanya muncul sebagai kompensasi atas bentuk tubuh mereka. Mereka merasa depresi karena usaha yang mereka lakukan untuk mengembalikan berat badan tidak juga berhasil.

Sebagai orang tua, Anda harus sangat waspada. Perhatikan kebiasaan anak remaja Anda dengan baik terutama terkait dengan pola makan mereka. Jika Anda merasa ada yang bermasalah, seperti misalnya Anda merasa buah hati Anda menjadi mudah sedih atau marah, sering terlihat depresi, atau bahkan muncul pembengkakan kelenjar di daerah leher, Anda harus segera mengambil tindakan

Jadilah teman mereka yang selalu memberi dukungan pada mereka untuk menghilangkan gangguan makan tersebut. Anda juga membutuhkan tenaga ahli seperti psikolog, dokter ahli nutrisi, atau dokter anak untuk membantu Anda menyelesaikan masalah ini.

Wahyu Wienanda


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading