Sukses

Parenting

Macam-macam Penyebab Batuk Pada Anak

Apakah buah hati ladies sering terserang batuk? Ya, batuk adalah salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak. Mungkin ladies sering menyalahkan buah hati ladies karena sering jajan sembarangan sehingga mereka kerap terserang batuk.

Namun ladies jangan terburu-buru menyalahkan jajanan yang mereka konsumsi karena penyebab batuk tidak hanya makanan yang mereka konsumsi. Berikut ini adalah beberapa penyebab batuk yang mungkin menyerang buah hati ladies seperti yang dikutip dari children.webmd.com.

1.    Infeksi
Batuk biasa dialami anak sebagai akibat dari demam maupun flu yang diderita oleh anak-anak. Demam biasanya diikuti dengan batuk pendek, sedangkan flu diikuti dengan batuk kering. Untuk mengatasi hal ini, berikan sirup obat batuk atau permen pelega tenggorokan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang terjadi karena batuk. Namun ingat, pemberian sirup obat batuk dan permen pelega tenggorokan hanya dapat dilakukan kepada anak-anak berusia di atas 4 tahun.

2.    Asma
Batuk kerap diasosiasikan dengan penyakit asma yang mungkin diderita oleh anak. Terutama bila batuk yang diderita anak diikuti oleh kesulitan bernafas, bisa jadi anak terserang penyakit asma. Apabila putra putri ladies mengalami hal serupa, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah mereka terserang gejala penyakit asma.

3.    Alergi/sinusitis
Batuk yang dialami oleh anak bisa jadi merupakan pertanda alergi pada anak. Batuk yang disebabkan oleh alergi biasanya diikuti dengan tenggorokan yang gatal, sakit tenggorokan, pilek, dan gatal-gatal pada kulit. Batuk karena alergi dapat dicegah dengan menjauhkan anak dari allergen (factor pemicu alergi, misalnya debu atau jamur).

4.    Penyebab lain
Anak-anak yang baru sembuh dari sakit batuk juga masih rentan mengalami batuk, misalnya karena makanan maupun asap rokok.

Pravianti Ayu Mirantiraras


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading