Sukses

Parenting

Bisakah Keguguran Dicegah?

Tidak ada yang lebih menyayat hati dibandingkan dengan mengalami keguguran. Ladies, ternyata keguguran bisa dicegah. Berikut penjelasannya, dilansir dari parenting. com.

Setidaknya, satu dari lima kehamilan berakhir dengan keguguran. Sebanyak 60% dari keguguran tersebut disebabkan oleh gen abnormal dimana kromosom membelah menjadi tiga. Apabila itu adalah penyebabnya, maka keguguran tidak bisa dicegah.

Namun, keguguran yang disebabkan oleh faktor lainnya tentu saja bisa dicegah. Salah satu cara untuk mencegah keguguran adalah dengan melakukan kontrol secara berkala.

Pertama, Anda bisa melakukan kontrol dan melakukan cek untuk penyakit menular seksual (STD). Beberapa penyakit menular seksual yang belum sembuh dengan tuntas, seperti gonorea, sipilis, HIV, dan herpes, mampu meningkatkan resiko keguguran.

Kemudian, Anda juga harus menahan diri untuk melakukan aktivitas secara intensif. Apabila Anda memiliki hobi berolah raga, maka inilah saat untuk menahan diri. Kegiatan fisik yang berat bisa meningkatkan suhu badan ibu dan menurunkan aliran darah ke janin Anda.

Lalu, jangan lupa juga untuk membaca ringkasan kesehatan Anda. Cek vaksinasi apa saja yang sudah Anda dapatkan, dan cek juga frekuensi setiap vaksinasi. Saat yang paling tepat untuk mengecek dan melakukan vaksinasi adalah sebelum Anda mencoba untuk hamil.

Untuk mencegah kehamilan, Anda juga harus memperhatikan makanan harian Anda. Anda sebaiknya menghindari produk susu yang belum dipasteurisasi, karena listeria dan toxoplasmosis banyak ditemukan pada produk susu yang belum dipasteurisasi, dan juga daging mentah.

Nah Ladies, setidaknya itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah keguguran. Semoga berhasil.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading