Sukses

Parenting

Piring Besar Buat Anak Makan Lebih Banyak

Penggunaan piring ternyata memiliki dampak besar terhadap porsi makan anak. Pasalnya, penggunaan piring yang lebih besar membuat anak mengambil makan lebih dari porsi yang biasa dan seharusnya mereka makan.

Sebuah penelitian yang berjudul Plate Size dan Children’s Appetite: Effects of Larger Dishware on Self-Served Portion and Intake menunjukkan bukti bahwa anak cenderung mengambil porsi yang lebih besar pada saat mendapatkan wadah yang besar pula.

Penelitian yang dilansir oleh healthychildren.org ini menunjukkan peningkatan konsumsi kalori yang cukup signifikan. Pasalnya, anak-anak di Amerika cederung mengkonsumsi 50 kalori lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori yang mereka butuhkan.

Hal ini nantinya akan berpengaruh juga dengan berat badan dan juga energy yang mereka dapatkan. Jika digunakan dengan cukup bijak maka hal ini akan memiliki dampak positif. Namun jika tidak maka obesitas lah yang sedang menanti mereka dalam beberapa tahun ke depan.

Selain itu, pada ilmuwan juga menemukan bahwa anak-anak cenderung mengambil buah lebih banyak dibandingkan dengan sayur. Karena bisa memilih sendiri apa yang mereka makan, tentunya anak cenderung akan memilih makanan yang cocok dengan lidah mereka, bukannya makanan yang baik bagi tubuh mereka.

Untuk menaggulangi penambahan porsi yang dilakukan oleh anak, maka para peneliti ini menyarankan agar para orang tua menggunakan piring makan yang lebih kecil atau memberikan piring yang sesuai dengan kebutuhan serta usia mereka.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading