Sukses

Parenting

Overdosis Acetaminophen pada Anak

Pernahkah anda mendengar acetaminophen sebelumnya? Acetaminophen biasa dikenal dengan sebutan paracetamol di Indonesia. Tahukah anda bahwa obat ini dapat membahayakan anak anda?

Bagi anda yang mungkin belum pernah mendengar obat acetaminophen,penulis menjabarkan sedikit informasi mengenai jenis obat ini. Acetaminophen (seperti Tylenol) merupakan obat yang biasa diberikan oleh orang tua ketika anak sedang demam. Obat ini tersedia di pasaran dan sering diberikan tanpa adanya resep dokter.

Seperti halnya obat-obat penurun demam yang beredar atau dijual di warung-warung terdekat anda, acetaminophen memiliki fungsi dan status yang sama. Sayangnya,obat acetaminophen berbahaya jika diberikan pada anak dengan dosis yang besar. Bagaimana bisa?

Berdasarkan www.mayoclinic.com, berikut adalah beberapa situasi penyebab orang tua dapat memberikan acetaminophen dengan dosis yang berlebihan kepada anak:

Anda dalam keadaan buru-buru

Ketika anda buru-buru, anda mungkin tidak jeli menakar acetaminophen yang perlu diberikan oleh anak. Belum lagi ketika babysitter anda telah meminumkan obat ini kepada anak tanpa sepengetahuan anda. Bahaya bukan?

Anda mengkombinasi obat

Ketika anda melihat beberapa gejala muncul pada anak anda, ada kemungkinan anda berusaha menyembuhkan anak dengan cara yang salah, yakni mengkombinasikan obat. Berhati-hatilah.

Racikan yang salah

Sebelum memberikan acetaminophen kepada anak, perhatikan dosis yang salah. Jangan sampai anda memberikan dosis orang dewasa kepada anak kecil anda.

Anggapan bahwa semakin banyak semakin bagus

Terkadang karena belum memberikan efek baik, anda memutuskan untuk memberikan obat lagi kepada anak. Hal ini berbahaya karena mengundang overdosis.

Nah, hindari situasi di atas supaya anak anda terjaga dan lekas sembuh dari demam yang diderita.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading