Sukses

Parenting

Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang Benar?

Sudahkah anda mengajarkan anak tentang cara mencuci tangan dengan benar? Kebanyakan orang, bukan hanya anak bahkan orang dewasa belum mengerti cara mencuci tangan yang baik dan benar. Yang baik dan benar di sini adalah mencuci tangan hingga bersih sehingga kuman yang menempel di tangan hilang dan mati.

Mencuci tangan sendiri merupakan hal wajib untuk dilakukan sebelum makan, setelah dari mandi, setelah memegang binatang, setelah bermain di luar rumah, sebelum dan setelah mengunjungi orang sakit, setelah bersin dan batuk, dan lain-lain. Mencuci tangan dianggap penting karena bertujuan untuk menjaga kesehatan dari kuman yang menyebar melalui tangan.

Nah, www.kidshealth.org mengajarkan anak mengenai cara mencuci tangan dengan benar. Berikut adalah prosedur yang berhasil dirangkum:

1.    Gunakan air hangat (tidak panas atau dingin) ketika anak mencuci tangan.

2.    Gunakan sabun dengan merk apapun yang disukai anak. Beberapa sabun anak hadir dengan warna, bentuk, dan bau yang menarik. Biarkan anak memilih sabun mana yang menjadi favorit mereka. Sabun apapun dapat dipakai asalkan dapat digunakan untuk menggosok tangan anak ketika sedang mencuci tangan.

3.    Cuci tangan anak hingga berbusa pada kedua tangan, kedua pergelangan tangan, dan antara jari-jari tangan. Jangan lupa untuk mencuci daerah sekitar kuku, di mana kuman sering bersembunyi. Cucilah tangah selama 10 atau 15 detik. (10 atau 15 detik ini selama waktu yang digunakan untuk menyanyikan lagu “Happy Birthday”).

Sudah tahu kan cara mencuci tangan dengan benar? Ajarkan dan biasakan pada anak supaya mereka tumbuh dan berkembangan dalam keadaan sehat.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading