Sukses

Parenting

Janin Anda Bermasalah?

Meski telah memperoleh perhatian yang lebih dari Anda, kadang janin Anda pun masih bermasalah. Masalah yang berkaitan dengan kesehatan janin Anda mungkin meliputi perkembangan yang buruk atau masalah yang berhubungan dengan jantung mereka.

Untuk mengetahui apakah janin Anda berkembang dengan sehat dan normal, Anda dapat memperhatikan perkembangannya sendiri. www.womenshealth.gov melaporkan bahwa tanda pertama yang muncul ketika janin Anda bermasalah adalah pergerakan janin yang berada di bawah hitungan normal. Setelah 28 minggu, Anda harus terus memonitor pergerakan bayi Anda.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah bayi Anda sudah menunjukkan jumlah pergerakan yang normal adalah dengan menghitung 10 pergerakan yang terjadi selama 20 menit; terjadi pada kebanyakan wanita. Hitung pergerakan janin Anda di sore hari di mana janin bergerak paling aktif.

Hitung pergerakan bayi Anda setiap hari untuk mengetahui apakah jumlah pergerakan yang janin Anda lakukan itu sudah tergolong normal. Segera hubungi dokter jika Anda hanya mendeteksi kurang dari 10 gerakan dalam kurun waktu 2 jam. Dan jika bayi Anda sama sekali tidak bergerak, menghubungi dokter bukan lagi pilihan tetapi kewajiban.

Masalah lain yang mungkin terjadi pada janin adalah ukuran janin yang jauh di bawah normal berdasarkan umur janin. Masalah lain yang mungkin muncul tidak menunjukkan gejala sama sekali tetapi dapat terdeteksi pada tes sebelum kelahiran.

Pengobatan yang dilakukan akan berdasarkan hasil pemeriksaaan kesehatan janin. Jika masalah memang ditemukan, bukan berarti janin Anda terancam kondisinya. Itu mungkin hanya berarti bahwa pihak ibu memerlukan perhatian lebih hingga kelahiran janin yang berupa istirahat total misalnya.

Janin Anda Bermasalah?

Penulis: Ratih Kristianasari

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading