/kesehatan/27282-mengatasi-serta-mencegah-kram-pada-saat-hamil.html

Mengatasi Serta Mencegah Kram Pada Saat Hamil

Rabu, 17 Juli 2013 18:31



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Kehamilan nampaknya memang sangat dekat dengan apa yang disebut dengan kram. Pasalnya, sejumlah ibu hamil tentunya akan mengalami masalah seperti ini. Kaki merupakan spot yang paling sering mengalami masalah semacam ini.

Akan tetapi, ada sejumlah cara yang telah dilansir oleh nlm.nih.gov untuk mengatasi kram yang bisa diterapkan oleh para ibu hamil di rumah.

Hal pertama yang bisa dilakukan pada saat kram menyerang tentu saja lekukan peregangan. Pijat secara perlahan bagian yang kram agar untuk memperlancar peredaran darah. Jangan melakukan tekanan terlalu kuat karena bagian tersebut biasanya akan terasa sangat sakit.

Kedua, ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan untuk mencegah terjadinya kram pada kaki. Jangan melakukan olahraga terlalu keras karena mungkin saja bisa menganggu kehamilan.

Hal ketiga yang bisa dilakukan adalah meluruskan kaki. Cara ini sangat biasa dilakukan oleh para ibu hamil ketika kram ini menyerang kaki mereka. Analoginya cukup mudah. Dengan meluruskan kaki, peredaran darah akan kembali lancer.

Keempat, usahakan untuk memakan makanan yang kaya akan kalsium. Pasalnya, hal ini cukup baik untuk kesehatan tulang dan juga memberikan suplai zat besi di dalam darah.

Selain itu, untuk menambah suplai kalsium tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium. Akan tetapi, hal ini tidak bisa dialkukan begitu saja. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen tersebut.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...