Sukses

Parenting

Cara Mencegah Cacar Air (Campak)

Pada akhir tahun 1990 dan awal tahun 2000, kasus penyebaran virus cacar air terjadi sangat hebat dan meluas dengan sangat cepat. Banyak sekali anak yang terkena cacar air yang disebabkan oleh turunnya jumlah anak yang diimunisasi MMR. Tahukah anda apakah MMR itu?

MMR merupakan sebuah vaksin yang diberikan pada anak supaya anak terlindung dari Measles (cacar air), Mumps (gondok), dan Rubella. Vaksinasi MMR ini diberikan kepada seluruh anak di UK ketika anak berusia antara 12 hingga 13 tahun. Vaksinasi kedua juga diberikan antara tiga hingga lima tahun sebelum anak memasuki usia sekolah.

Vaksinasi tersebut sedang gencar-gencarnya diberikan pada anak sebelum tahun ujian baru yang akan dimulai pada bulan September 2013. Pemberian vaksin MMR yang bertujuan untuk menghindari measles, mumps, dan rubella ini mampu memberikan kesempatan penuh kepada anak untuk berkonsentrasi pada pelajaran di sekolah tanpa harus absen karena serangan cacar air, gondok, dan rubella.

Seperti yang terangkum di www.netdoctor.co.uk, pemberian vaksin MMR di UK diperketat karena kasus penyebaran virus cacar besar-besaran yang terjadi pada akhir tahun 1990 hingga awal tahun 2000. Penyebab hal tersebut adalah karena adanya sebuah penelitian yang menyebarkan bahwa vaksin MMR membawa dampak autism pada anak.

Penyebaran hasil penelitian yang merusak citra dokter dan vaksin MMR tersebut akhirnya memunculkan penyebaran virus measles, mumps, dan rubella secara akbar. Untungnya, pemerintah bertindak cepat sehingga isu tersebut hilang dari masyarakat dan pemberian vaksin MMR pada anak kembali dilakukan.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading