Sukses

Beauty

Tips Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Wanita sangat rentan sekali terhadap kanker payudara karena memiliki jumlah hormon estrogen yang cukup tinggi. Jika Anda peduli pada kondisi kesehatan Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko tumbuhnya kanker payudara, sebagaimana dirangkum oleh mayoclinic.com.

Batasi konsumsi alkohol

Alkohol dipercaya dapat meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh. Karena itu, alangkah baiknya jika Anda mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Anda boleh mengkonsumsi mereka, tetapi tidak lebih dari segelas kecil setiap harinya.

Jangan Merokok

Banyak penelitian yang menemukan kaitan antara rokok dan perkembangan sel kanker payudara, terutama pada wanita pada masa pre-menopause. Selain itu, tidak merokok juga merupakan pilihan yang baik untuk meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Pastikan Berat Badan Anda Normal

Pertambahan berat badan erat kaitannya dengan kandungan lemak. Lemak inilah yang berpotensi membahayakan. Belum lagi, wanita obesitas cenderung terkena kanker payudara dibanding mereka yang mengontrol berat badannya. Resiko kanker juga semakin meningkat jika Anda telah memasuki masa menopause.

Selalu Aktif

Kegiatan fisik dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan tentunya menjaga berat badan agar tetap pada kisaran normal. Waktu yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya. Jika Anda melakukan latihan yang cukup keras, Anda cukup menghabiskan 75 menit setiap minggu.

Batasi Terapi Hormon

Terapi hormon dapat meningkatkan resiko knaker payudara untuk tiga atau lima tahun ke depan. Karena itu, berhati-hatilah jika Anda ingin melakukan terapi hormon. Sebisa mungkin hindari terapi hormon atau ambil dosis terendah.

Nah, sekarang tergantung pilihan Anda, Ladies.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading