Sukses

Beauty

Sudah Benar Belum Cara Sikat Gigimu?

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang letaknya tersimpan di dalam mulut. Fungsi utamanya adalah untuk merobek dan mengunyah makanan sehingga terlebih dahulu dihaluskan sebelum masuk ke dalam pencernaan. Gigi tersusun dari beberapa bagian, mulai dari akar, batang, hingga email gigi atau lapisan pelindung yang mencegah gigi berlubang. Akar gigi terlindungi dan tersembunyi di dalam gusi, yang di dalamnya juga terdapat syaraf-syaraf otot.

Bagian-bagian gigi, seperti dikutip dari wikipedia:

  • Lapisan email, merupakan lapisan yang paling keras.
  • Tulang gigi (dentin), di dalamnya terdapat saraf dan pembuluh darah.
  • Rongga gigi (pulpa), merupakan bagian antara corona dan radiks.
  • Leher gigi atau kolum, merupakan bagian yang berada di dalam gusi.
  • Akar gigi atau radiks, merupakan bagian yang tertanam pada tulang rahang. Akar gigi melekat pada tulang rahang dengan perantaraan semen gigi.
  • Semen gigi melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. Terdiri atas:
  • Lapisan semen, merupakan pelindung akar gigi dalam gusi.
  • Gusi, merupakan tempat tumbuh gigi.

Karena fungsinya cukup penting, maka gigi harus selalu dijaga dan dirawat kesehatannya. Selain mencukupi kebutuhan kalsium yang membuat gigi tetap sehat, dibutuhkan perawatan gigi yang bisa dilakukan harian, yaitu menggosok gigi.

Sepele tetapi sangat penting. Menggosok gigi dapat membantu menyingkirkan sisa makanan di mulut yang dapat memicu pertumbuhan bakteri jahat. Tetapi kegiatan sepele ini seringkali diabaikan bahkan absen di malam hari karena alasan mengantuk.

Seberapa bahaya sih kalau sering melewatkan momen menggosok gigi?

Absen menggosok gigi di malam hari artinya Anda memberikan kesempatan para bakteri berkembang biak di dalam mulut. Bakteri akan jauh lebih aktif di malam hari, sehingga memanfaatkan sisa makanan yang masih menempel di gigi mereka akan berpesta pora dan merajalela. Efeknya, ia akan merusak gigi dan membuat gigi mengalami caries hingga berlubang. Bila gigi sudah rusak, jalan satu-satunya adalah mencabutnya. Tetapi, yang jelas tidak sesimple itu juga, karena pasti ada rasa sakit dan nyeri yang sangat mengganggu.

Nah, agar gigi tetap tumbuh sehat dan terjauh dari penyakit gigi, disarankan setiap orang menggosok giginya 2-3 kali sehari, terutama saat bangun tidur dan berangkat tidur.

Membersihkan gigi juga tak boleh sembarangan. Demi mendapatkan hasil menggosok gigi yang maksimal ikuti beberapa tips berikut.

  • Menggosok gigi benar, disarankan agar tidak berkumur terlebih dahulu. Tetapi langsung menggosok gigi dengan pasta gigi sehingga perlindungannya lebih maksimal.
  • Gosok menyeluruh di bagian gigi geraham, atas, bawah, dengan gerakan-gerakan mengeluarkan sisa makanan.
  • Berkumurlah dengan air yang sudah matang dan diberi sedikit garam beryodium. Fungsinya adalah menguatkan gigi dan membunuh kuman jahat.

Bagaimana? Sudah benar belum cara menggosok gigimu? [initial]

BACA JUGA:

5 Hal Yang Membuat Gigi Jadi Kuning

5 Makanan Perusak Gigi dan Senyum Indahmu

Gigi Berlubang Sebabkan Sakit Jantung

Manfaat Keju, Jaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Kanker

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading