Sukses

Parenting

Ingin Kesehatan Janin Aman? Hindari Hal Ini!

Saat hamil, kesehatan janin pasti harus dijaga sebaiknya-baiknya. Yang wajib Ibu tahu yaitu ada beberapa hal yang berdampak buruk bagi perkembangan janin bahkan kelainan permanen. Ibu tidak ingin kan bayinya sakit? Jadi, simak ulasan berikut.

Seperti yang disebutkan di livestrong.com, ada beberapa hal yang bisa mengganggu perkembangan dan kesehatan janin, antara lain:

Teratogen

Teratogen adalah sebuah kandungan yang ada di lingkungan sekitar, dimana ketika diserap atau dicerna oleh ibu hamil, bisa menganggu kesehatan janin dengan melewati plasenta dan masuk ke aliran darah bayi. Teratogen bisa ditemukan di obat-obatan dan minuman beralkohol. Tipe teratogen lainnya bisa ditemukan di penyakit herpes atau HIV.

Obat-obatan dan Miniuman beralkohol

American Council for Drug Education menjelaskan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol yang berlebihan bisa membuat anak terkena Fetal Alkohol Syndrome (FAS) atau suatu kondisi yang menyebabkan anak terkena kelainan wajah, komplikasi jantung, dan keterbelakangan mental.

Merokok

Menurut Northwestern Michigan College, ibu hamil yang merokok beresiko 28% mengalami keguguran, melahirkan prematur atau melahirkan bayi dengan bobot rendah. Selain itu, kadar oksigen di aliran darah juga berkurang yang bisa menyebabkan kelainan syaraf.

Makanan

Hindari makanan yang kurang matang karena bisa dimasuki bakteri listeria. Akibatnya bayi bisa lahir prematur bahkan meninggal. Mengkonsumsi ikan atau seafood dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan keracunan metilmercuri yang menyebabkan terhambatnya pembelajaran, keahlian kognitif, dan menimbulkan masalah pada daya ingatnya.

Lingkungan

Hindari bahan-bahan kimia karena bisa jadi racun bagi bayi.

Dijaga baik-baik ya Bu kandungannya.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading