Sukses

Beauty

Macam-Macam Alergen Asma

Asma memiliki banyak sekali pemicu dan juga penyebab. Semua hal entah besar atau pun kecil bisa jadi penyebabnya. Tapi memang ada beberapa hal, secara umum lebih sering membuat asma kambuh dan menyerang tubuh.

Nah, onhealth.com merangkum beberapa jenis alergen untuk kita, agar kita bisa lebih banyak belajar. Terutama soal cara pegontrolannya. Karena memang dengan tahu pemicunya tentu tahu juga cara mencegahnya.

Satu dari beberapa pemicu asma adalah debu. Benda ini seringkali membuat asma datang karena sifatnya yang berupa alergen. Orang yang terkena allergen ini biasanya sering batuk yang tak kunjung berhenti.

Karena itulah, otot-otot bronchial akan menyempit karena responnya terhadap alergen ini. Dari situ muncullah sesak nafas dan diikuti produksi muccus dan akhinya jadilah penyakit asma. Dengan begitu asma pasti muncul dengan mudah.

Kedua adalah alergi terhadap makanan. Ada beberapa orang, sebagai contoh memiliki alergi terhadap telur. Karena alergi ini, menyebabkan gatal-gatal dan bentol-bentol di sekujur tubuh.

Ternyata asma pun juga bisa dipicu dengan cara seperti itu. Hanya saja makanannya yang berbeda. Asma bisanya lebih sering terpicu karena makanan-makanan seperti telur, kacang, susu sapi dan tahu.

Nah, adakah dari bahan-bahan di atas yang menyebabkan asma Anda terpicu kembali? Kalau ada, tidak ada salahnya untuk melakukan pengontrolan sejak dini agar kemungkinan terburuk bisa dicegah.

Asma tidak hanya menyerang sendirian, tapi dalam waktu tertentu ia bisa datang dengan cara keroyokan alias berkomplikasi dengan penyakit lain.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading