Sukses

Parenting

Apakah Ibu Yang Mengandung Bayi Kembar Dapat Melahirkan Normal? (II)

Pilihan apakah Anda akan bersalin secara normal atau operasi Caesar biasanya akan diberikan oleh bidan dan dokter saat usia kandungan Anda sudah mencapai 36 minggu (untuk bayi kembar identik). Namun apabila bayi Anda bukan kembar identik, maka opsi tersebut akan diberikan di minggu ke 37-38.

Seperti yang dikutip dari babycentre.com, melahirkan di usia kandungan sebelum atau saat 38 minggu adalah pilihan terbaik dalam persalinan bayi kembar untuk mengurangi resiko kematian bayi saat lahir. Hal ini disebabkan oleh plasenta bayi kembar yang sudah tidak berfungsi dengan baik di minggu 38 atau lebih.

Apabila Anda sudah memutuskan untuk melahirkan bayi kembar secara Caesar, maka Anda wajib terus berkonsultasi dengan dokter anak atau bidan untuk mengecek secara rutin apakah kondisi bayi kembar Anda baik-baik saja.

Melahirkan bayi kembar akan membuat Anda berada pada perawatan dan pengawasan lebih intensif daripada bila Anda hanya melahirkan satu bayi.

Saat Anda sudah berada dalam ruang persalinan dan akan bersalin secara normal, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa melakukan persalinan Caesar secara mendadak. Hal ini disebabkan oleh:

1. Salah satu atau kedua bayi kembar Anda tiba-tiba berada dalam posisi yang membahayakan

2. Persalinan Anda berjalan melambat

3. Terjadi masalah pada tali pusar

Pada kondisi seperti ini, biasanya bayi pertama akan lahir normal, sedangkan bayi kedua lahir melalui operasi Caesar. Namun hal ini jarang sekali terjadi, hanya 5%dari kelahiran bayi kembar.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading