Sukses

Beauty

Vitamin D Kurangi Risiko Kanker Payudara, Benarkah?

Vitamin D memang memegang peranan yang sangat signifikan untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itulah, kekurangan vitamin D akan memperbesar potensi untuk menderita beberapa penyakit tertentu. Seperti misalnya serangan jantung, tekanan darah tinggi, kanker usus besar, dan juga diabetes.

Lalu, apakah kekurangan vitamin D juga akan memicu terjadinya kanker payudara? Nah, hal inilah yang akan kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Seperti yang kita tahu bahwa vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Health.harvard.edu menyatakan beberapa penelitian akhir-akhir ini menyatakan kalau vitamin D juga aktif di beberapa jaringan yang lain. Nah, keberadaannya di jaringan yang lain inilah yang diduga bisa melindungi jaringan-jaringan tersebut dari beberapa penyakit.

Namun membutuhkan bukti lagi tentunya untuk memastikan kebenarannya. Dalam pertemuan di American Association for Cancer Research, beberapa peneliti mengemukakan beberapa alasan bahwa supply vitamin D yang cukup ke dalam tubuh akan menurunkan risiko untuk menderita kanker payudara.

Presentase tertinggi, mencapai 52 nanograms per mililiter, menurunkan 50% risiko mengidap kanker payudara dibandingkan dengan yang hanya 12 nannograms per mililiter.

Nah, sekali lagi, belum ada yang bisa menjelaskan, apakah itu murni karena adanya supply vitamin D yang cukup di dalam tubuh sehingga risiko tersebut menurun, ataukah karena faktor yang lain.

Sebuah penelitian sebenarnya sudah pernah dirancang. Dengan memisahkan 2 kelompok penderita kanker payudara. Kelompok pertama akan diberi supply vitamin D yang cukup, dan yang satu lagi tidak. Namun, Ladies, tentu hal ini tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan ya.

Terlepas dari semua itu, tidak ada salahnya dong kalau kita meningkatkan supply vitamin D dalam tubuh?

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading