Sukses

Beauty

Mengenal Metastasis Kanker Payudara Pada Tulang I

Kanker payudara yang telah digolongkan pada stadium IV adalah kanker yang telah menyebar pada beberapa organ lain seperti pada tulang, paru-paru, dan hati. Tak hanya kanker payudara, kanker lain seperti kanker prostat, kanker paru-paru, kanker ginjal, dan kanker tiroid merupakan kanker yang rawan akan penyebarannya.

Menurut webmd.com, sebanyak 70 % dari penderita kanker payudara atau kanker prostat yang telah memasuki stadium lanjut juga menemukan penyebaran pada tulang. Penyebaran atau yang juga disebut sebagai metastasis sel kanker lebih banyak terjadi dan biasanya pertama kali terjadi pada tulang.

Tulang merupakan salah satu organ tubuh yang selalu tumbuh dan mengganti sel-sel yang rusak yang membuatnya menjadi media yang baik bagi pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, tulang juga memproduksi senyawa yang menyuburkan pertumbuhan sel kanker sehingga membuat pertumbuhannya semakin cepat.

Sel-sel kanker dapat menyebar atau bermetastasis pada tulang manapun di dalam tubuh penderita kanker payudara. Namun, sel kanker memiliki tempat favorit untuk menyebar yakni tulang punggung, tulang pinggul, tulang rusuk, tulang lengan atas, dan tulang paha. Tempat-tempat tersebut dipilih sel kanker karena memiliki persedian darah paling banyak.

Oleh: Lies Nureni

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading