Latih Sendi Bahu dan Kelenturan Tubuh Pasca Operasi Kanker Payudara

Selasa, 16 Juli 2013 13:26



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Ladies, setelah menjalani operasi kanker payudara, ada beberapa latihan yang sebaiknya Anda lakukan setiap hari. Dua diantaranya adalah latihan untuk kelenturan sendi bahu dan tubuh. Berikut langkah-langkahnya seperti yang dikutip dari cancer.org.

Latihan pertama bermanfaat untuk melatih kelenturan sendi bahu Anda. Pertama, duduklah di sebuah kursi yang beralas keras. Duduklah dengan tegap, dan pandangan lurus menghadap depan.

Kemudian, posisikan telapak tangan Anda menempel di kursi, sehingga siku Anda membentuk sudut 120 derajat.

Kemudian, gerakkan siku Anda kebelakang. Pastikan bahwa bahu Anda tetap lurus dan tidak naik ke sampai setara dengan telinga.

Setelah Anda merasakan tarikan pada tubuh Anda, kembalilah ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 5 sampai tujuh kali setiap hari.

Latihan kedua berfungsi untuk meningkatkan pergerakan badan bagian atas Anda.

Pertama, duduklah dengan tegap pada sebuah kursi yang alasnya keras. Kemudian, posisikan kedua tanggan Anda menggenggam, dan taruh di depan lutut.

Setelah itu, gerakkan kedua tangan Anda yang saling menggenggam secara perlahan ke atas kepala. Ingat, Anda harus melakukan dengan perlahan terutama pada 3 hingga 7 hari setelah operasi dilakukan.

Setelah tangan Anda berada di atas kepala, gerakkan tubuh Anda ke kanan. Setelah itu, kembalilah ke posisi awal dan ubah gerakkan tubuh Anda menjadi ke kiri. Anda disarankan untuk melatih tubuh atas Anda sebanyak 5 hingga 7 kali dalam sehari.

Selamat mencoba, Ladies. Semoga bermanfaat.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

25 Agustus - 31 Agustus
Akan ada beberapa pihak yang memaksakan kehendak mereka terhadap Anda Jika...