Sukses

Parenting

Mencegah Anak Cedera Saat Berolah Raga

Aktivitas berolahraga yang dilakukan anak ditujukan untuk tak hanya membuat tubuh anak sehat dan bugar, namun juga untuk membuat anak berkesempatan berinteraksi sosial dengan teman sebaya. Nah, manfaat olah raga yang baik tersebut tentu tidak ingin dihancurkan oleh adanya cedera yang mungkin menimpa anak, bukan?

Sebagai orang tua, ada baiknya jika anda memastikan agar kemungkinan cedera anak ketika berolah raga berkurang. Berikut adalah beberapa yang dapat anda lakukan berdasarkan saran yang terangkum di situs kidshealth.org.

Pertama, anda perlu memastikan bahwa anak anda menggunakan peralatan keselamatan yang tepat ketika berolah raga. Misalnya ketika mereka bersepeda, pastikan agar anak menggunakan helm. Begitu pula jika mereka bermain dengan skateboard atau sepatu roda.

Kedua, biasakan anak untuk melakukan pemanasan sebelum berolah raga dan ajari mereka bagaimana melakukan jenis olah raga tertentu dengan benar. Misalnya ketika anak akan berenang, melakukan kegiatan pemanasan sebelumnya sangat penting dan juga, mengajari anak cara berenang yang benar akan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Dengan melakukan kedua hal tersebut, anak akan bebas berolahraga dan resiko mereka mengalami cedera pun akan semakin kecil.

Ketiga, pastikan agar anak selalu mendapatkan pengawasan orang dewasa ketika berolah raga. Jika anda punya banyak waktu, dampingi anak ketika mereka berolah raga agar anda dapat dengan cermat mencegah hal-hal yang mungkin mengakibatkan mereka cedera. Juga, tertulis dalam situs ini, jika mereka tergabung dalam tim olah raga tertentu, pastika agar pelatih mereka paham bagaimana melakukan pertolongan pertama jika anak mengalami cedera.

Semoga saran di atas berguna, ya.

Penulis: Alfi Suci D

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading