Sukses

Parenting

Alergi Makanan Pada Anak-anak

Seperti yang kita tahu, bahwa penyebab alergi pada anak-anak bisa bermacam-macam. Tidak hanya debu, asap, namun juga berbagai jenis makanan tertentu yang dikonsumsi. Jenis alergi yang disebabkan oleh makanan ini bisa saja menimbulkan efek yang ringan, sampai dengan yang lumayan serius.

Biasanya, makanan atau minuman tertentu terhitung sering menimbulkan alergi ini. Seperti belut, ikan, kacang, kedelai, dan juga kerang. Nah, mulai sekarang, yuk lebih berhati-hati ketika kita mengenalkan jenis makanan ini kepada anak.

Tujuannya sih ingin menyenangkan anak dengan mengenalkannya dengan berbagai makanan yang baru, namun bisa-bisa malah membahayakan kesehatan mereka. Jangan sampai dong ya.

Nah, yang menarik, menurut aaaai.org, ternyata alergi pada makanan ini akan semakin dipicu oleh orangtua atau saudara yang juga memiliki alergi yang sama. Wah, untuk para orangtua yang memiliki alergi makanan, harus lebih waspada dengan kondisi si Kecil ya.

Lebih jauh, sumber yang sama juga menyatakan kalau anak seharusnya diberi makanan yang bervariasi pelan-pelan, satu per satu dan berjangka. Strategi ini tentu saja bertujuan untuk mengetahui makanan apa saja yang berpotensi membuat anak alergi.

Kalau anak aman-aman saja, maka lanjutkan untuk memberinya makanan tersebut. Namun, kalau ada tanda-tanda yang tidak wajar terjadi, segera konsultasikan ke dokter ya.

Tentu senang ya ketika melihat anak makan lahap tanpa harus khawatir terkena alergi. Yuk Ladies, perhatikan lagi respon mereka terhadap makanan tertentu.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading