Sukses

Parenting

Tidur Siang Adik Bayi Harus Diatur

Awalnya, bayi yang baru lahir akan tertidur kapanpun dan dimanapun kan Bun? Pada masa itu adalah hal yang normal bagi bayi jika mereka hanya ingin tidur dan makan, karena memang itulah kebutuhan mereka.

Bunda mungkin tidak bisa mengatur jadwal tidur siang bayi pada awalnya, tapi pastikan saja adik bayi bangun untuk makan dalam beberapa jam sekali. Ketika ia berumur 3 bulan, adik bayi biasanya tidur hanya sebentar saja, tapi sering.

Bagaimanapun juga, tidur secara teratur membuatnya tidak gampang rewel. Dalam fitpregnancy.com, Jodi Mindell, Ph.D., penulis Sleeping Through the Night (2005), memberikan beberapa saran untuk Bunda.

1. Bangunkan bayi pada jam yang hampir sama setiap paginya. Lalu, untuk menjadwal tidur siangnya, coba menidurkannya pada jam 9.30, 14.30, 18.30. Atau, jika Bunda terlalu repot dengan masalah jam, coba tidurkan adik bayi 2 jam setelah ia terbangun.

2. Beri tanda pada adik bayi kalau sebentar lagi adalah waktunya tidur. Contohnya, jika sebelum tidur malam, Bunda menyanyikan lagu sebelum ia tidur malam, maka nyanyikan juga sebelum ia tidur siang. Kebiasaan ini bisa seperti alarm untuk si bayi.

3. Ketika bayi menginjak umur 9-10 bulan, ia harus tidur 2 kali sehari sekitar jam 9 pagi dan 2 siang.

4. Ketika tidur siang, sebisa mungkin tidurkan bayi di tempat yang sama ketika ia tidur malam. Jadi, jika Bunda membiasakannya tidur siang dengan menggendong dan mengayunnya, maka jika malam hari ia tidak diperlakukan sama, bayi akan susah tidur.  

Oleh: Agit Diyanita

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading