Sukses

Parenting

Tips Merawat Gigi Anak

Perawatan gigi anak adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Namun sayangnya banyak orang tua yang mengabaikannya. Apakah ladies termasuk orang tua yang mengabaikan kesehatan gigi buah hati?

Jika ya, ladies harus mulai berhenti berpikir bahwa kesehatan gigi anak tidak penting. Sejak lahir, perawatan gigi dan gusi harus segera dimulai. Seperti yang dikutip dari webmd.com, membawa anak untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi sejak tahun pertama terbukti dapat menghemat biaya hingga 40 persen daripada mereka yang memeriksakan gigi sejak usia lima tahun.

Merawat gigi anak harus dimulai sedini mungkin. Bila buah hati belum memiliki gigi, ladies bisa mulai meyikat gusi buah hati ladies dengan sikat gigi khusus anak-anak yang berbulu sangat halus. Merawat kebersihan gusi bayi bisa juga dilakukan dengan handuk kecil yang berbahan halus.

Ketika gigi anak mulai tumbuh, ladies harus sesegera mungkin membiasakan si kecil untuk menyikat giginya dengan pasta gigi anak yang mengandung fluoride. Aktivitas menyikat gigi ini sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sebelum tidur anak harus menyikat gigi. Setelah menyikat gigi, anak tidak diperbolehkan mengkonsumsi apapun kecuali air putih sampai keesokan paginya. Hal ini penting dilakukan agar gigi anak yang sudah bersih memiliki waktu untuk kembali mengumpulkan mineral dari air liur dan pasta gigi.

Pravianti Ayu Mirantiraras

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading