Sukses

Parenting

Kunci Keberhasilan Merawat Anak Autis

Autisme adalah salah satu kelainan perkembangan mental pada anak yang disebabkan oleh struktur dan fungsi otak yang tidak berkembang dengan sempurna. Anak-anak yang mengalami autisme dicirikan dengan kesulitan bersosialisasi, berkomunikasi, dan menggunakan bahasa.

Karena anak autisme dianggap agak “berbeda” dengan anak-anak pada umumnya, maka cara memperlakukan anak autis juga tidak boleh disamakan. Seperti yang dikutip dari webmd.com, berikut ini adalah dua kunci keberhasilan merawat anak autis.

1.    Orang tua dan pengasuh memahami betul bagaimana anak autis “melihat” dunia

Seperti yang disampaikan oleh Stephen Shore, PhD, asisten profesor di School of Education di Universitas Adelphi, panca indera anak autis tidaklah berfungsi dengan seimbang. Beberapa indera lebih mendominasi, sementara indera lainnya sangat lemah. Akibatnya, mereka menyerap semua informasi yang masuk tanpa memilah-milah mana yang penting dan mana yang tidak.

Shore lantas mencontohkan apabila seorang anak yang mengalami autisme masuk ke dalam ruangan yang penuh dengan manusia, dia tidak hanya fokus dengan siapa saja yang berada di dalam sana dan apa yang mereka lakukan, namun dia juga berkonsentrasi penuh pada suara-suara yang berasal dari luar ruangan, motif karpet yang diinjaknya, sampai lampu yang berkelap-kelip di dalam ruanga tersebut.

2.    Orang tua dan pengasuh memahami bahwa anak autis berusaha untuk mencerna semua informasi yang diserapnya

Seperti pada contoh di atas, terlalu banyak detail informasi yang masuk ke dalam otaknya sehingga anak autisme kesulitan untuk mengkomunikasikan informasi yang didapat tersebut. Maka, orang tua dan pengasuh harus berusaha memahami informasi apa yang sedang berusaha disampaikan anak autis.    

Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading