Sukses

Parenting

Makan Ikan Untuk Menghindari Asma

Anda mungkin sudah tahu bahwa asma tidak hanya menyerang pada orang dewasa namun pada anak-anak juga. Tentu saja Anda tidak ingin anak Anda menjadi penderita asma, bukan? Berikut adalah sebuah penelitian yang terangkum di www.everydayhealth.com mengenai hubungan ikan dan risiko terkena asma pada anak.

Sebuah penelitian dari Erasmus Medical Center di Rotterdam mencakup sebuah topic apakah ikan dapat membuat anak terhindar dari asma. Penelitian tersebut melibatkan 7.210 anak yang lahir antara tahun 2002 hingga 2006. Grup tersebut kemudian dibagi menjadi tiga bagian untuk memudahkan penelitan.

1.281 anak mengonsumsi ikan sebelum berumur 6 bulan, 5.498 anak mengonsumsi ikan antara umur 6 hingga 12 bulan, dan 431 anak mengonsumsi ikan setelah berumur 12 bulan. Setelah masing-masing anak berumur empat tahun, para orang tua melaporkan kepada peneliti apakah anak mereka mengalami gejala asma, seperti bunyi nafas yang menciut-ciut dan adanya nafas pendek atau tersengal-sengal.

Hasil dari penelitian menyatakan bahwa 40% hingga 50% anak yang mengonsumsi ikan setelah berumur setelah12 bulan mengalami gejala asma dibandingkan 30% anak yang menkonsumsi ikan pada umur antara 6 hingga 12 bulan. Sedangkan anak yang mengonsumsi ikan pada usia sebelum 6 bulan mengalami gejala asma selayaknya anak yang mengonsumsi ikan pada usia setelah 12 bulan.

Kesimpulan dari penelitian yang kemudian dipublikasikan di Pediatrics ini adalah bahwa anak yang mengonsumsi ikan ketika mereka berumur 6 bulan hingga 12 bulan memiliki risiko terkena asma yang lebih rendah dibandingkan anak yang mengonsumsi ikan sebelum berumur 6 bulan dan setelah 12 bulan.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading