Bahaya Kelebihan Protein Bagi Anak

Senin, 15 Juli 2013 15:10



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Memiliki berat badan yang seimbang akan membuat seseorang memiliki kondisi kesehatan yang bagus, baik bagi dewasa juga anak - anak. Oleh karena itu, berbagai cara banyak dilakukan demi mencapai berat badan seimbang. Salah satunya adalah diet tinggi protein.

Diet tinggi protein tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa, namun juga anak – anak. Karena pada dasarnya, obesitas atau kelebihan berat badan tidak hanya dapat mengancam kesehatan orang dewasa tapi juga anak – anak. Diet ini pada dasarnya menambah konsumsi protein sehari – hari dan mengurangi konsumsi karbohidrat.

Meskipun telah dikenal sebagai cara menjaga kesehatan yang baik, diet tinggi protein sebenarnya bukan tanpa resiko – terlebih lagi bagi anak – anak. Berikut ini adalah beberapa efek dari kelebihan konsumsi protein bagi anak – anak yang dicantumkan pada voices.yahoo.com.

- Dehidrasi

Karena air sangat diperlukan dalam mencerna protein, semakin tinggi konsumsi protein maka semakin banyak pula kadar air yang dibutuhkan. Jika tidak mengetahui hal ini, bisa saja anak Anda akan mengalami dehidrasi yang dapat berujung pada pingsan.

- Perut kembung

Perut kembung merupakan salah satu dampak ketidak mampuan sistem pencernaan anak Anda memproses protein yang masuk secara berlebihan. Walaupun kedengarannya tidak berbahaya, menjalani aktifitas dengan perut kembung pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi dia.

- Gangguan liver

Efek yang mungkin terdengar paling serius dari konsumsi protein berlebih adalah terganggunya fungsi liver karena zat protein dalam tubuh berubah menjadi racun.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/sfg)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

1 September - 7 September
Capek sekali di minggu ini namun Anda harus tetap bertahan Pertahankan...