Sukses

Beauty

7 Makanan Ini Sumber Terbaik Vitamin D

Vitamin D merupakan grup vitamin yang larut dalam lemak, disebut juga kalsiferol. Vitamin B ini punya banyak peran dalam pembentukan struktur tulang dan gigi serta meningkatkan absorbsi kalsium di saluran pencernaan.

Vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh terjauh dari berbagai jenis kanker. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan penyakit di antaranya, osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, kanker payudara dan kanker endometrium.

Sebenarnya, vitamin D adalah satu-satunya vitamin yang bisa diproduksi oleh tubuh sendiri. Caranya adalah saat terpapar cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekalsiferol, seperti dikutip dari wikipedia. Induksi ini disebabkan oleh sinar UVB, yang kemudian senyawa kolekalsiferol akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif vitamin D. Kalsitrol sendiri diproduksi di ginjal dan kemudian diedarkan ke seluruh bagian tubuh, terutama tulang dan gigi.

Asupan vitamin D juga bisa Anda temukan di beberapa makanan terbaik yang bisa Anda sajikan setiap hari. Di antaranya adalah:

Ikan salmon

Salmon memiliki kandungan lemak sehat terbaik, termasuk vitamin D. Pilihan ikan lain yang juga kaya vitamin D adalah salmon, tuna, lele, dan mackerel.

Susu

Konsumsi segelas susu setiap hari untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Vitamin D ini bisa diperoleh terutama melalui susu sapi dan susu kedelai.

Serealia

Mengapa disarankan untuk mengonsumsi serealia di pagi hari? Karena serealia kaya akan kandungan vitamin D yang baik untuk tubuh dan mengenyangkan lebih lama ketimbang menu sarapan lain. Serealia biasanya juga dilengkapi aneka vitamin lain sehingga Anda mendapatkan nilai plus darinya.

Telur

Jangan takut makan kuning telur, karena kuningnya juga kaya kandungan vitamin D. Pun demikian, lebih disarankan untuk mengonsumsi sebutir telur utuh ketimbang memilah di antara kuning atau putihnya saja.

Jus jeruk

Mungkin hal ini akan menjawab pertanyaan Anda, mengapa jus jeruk seringkali disajikan sebagai menu sarapan para bule. Jus jeruk ternyata kaya kandungan vitamin D yang segar. Selain itu, vitamin C-nya juga dibutuhkan tubuh untuk metabolisme tubuh.

Jamur

Aneka jamur-jamuran kaya kandungan vitamin D yang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Mulai dari lauk hingga tumis sayuran, jamur menjadi salah satu pilihan tepat untuk membantu mencukupi kebutuhan harian vitamin D.

Cukupi kebutuhan aneka makanan dengan semua bahan yang ada di sekeliling Anda yuk. [initial]

BACA JUGA:

Vitamin D Merupakan Pengontrol Asma?

Vitamin D Membuat Ibu Hamil dan Janin Lebih Sehat

Daftar Vitamin Yang Dibutuhkan Wanita

7 Menu Cegah Osteoporosis

Jangan Benci Rasa Pahit

Alergi Telur, Jangan Khawatir!

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading