Sukses

Parenting

Merokok Saat Hamil Tingkatkan Resiko Obesitas dan Diabetes Pada Anak

Merokok memang memberikan dampak negative bagi tubuh manusia. Dampak tersebut pun ternyata semakin buruk terhadap ibu hamil.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di University College London (UCL) di Inggris menunjukkan bahwa ekposur asap rokok yang diterima oleh ibu hamil dapat menyebabkan kecatatan pada bayi yang mereka lahirkan. Hal itu meliputi kaki mengecil,masalah pada wajah dan juga cacat di bagian perut.

Bahkan penelitia yang dilakukan oleh Swedish Medical Birth Register seperti dilansir oleh medicalnewstoday.com menunjukkan bahwa eksposur asap rokok meningkatkan resiko obesitas pada anak dan juga diabetes pada saat anak tersebut hamil (gestational diabetes).

Gestational diabetes sendiri merupakan peyakit yang tiba-tiba muncul pada saat seorang wanita hamil, meskipun sebelumnya sama sekali tidak ada tanda-tanda adanya penyakit diabetes.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa resiko dari dua penyakit tersebut meningkat cukup signifikan. Pasalnya, resiko obesitas dari eksposur asap rokok pada saat di dalam kandungan meningkat hingga 58 persen pada saat dewasa.

Sedangkan resiko gestational diabetes meningkat hingga 62 persen pada wanita. Meski begitu, tingkat eksposur asap rokok sendiri juga menentukan peningkatan persentase resiko pada masing-masing penyakit tersebut.

Bagaimanapu juga, asap rokok bukanlah satu-satunya penyebab meningkatnya resiko terhadap obesitas dan juga gestational diabetes tersebut. Pasalnya, gaya hidup terutama makanan yang dikonsumsi juga menjadi penyebab lain meningkatnya resiko yang mereka miliki.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading