Sukses

Parenting

Menyusui Dapat Menurunkan Berat Badan, Betul Atau Tidak?

Ladies, melahirkan dan menyusui tidak selalu membuat tubuh nda membengkak karena berat badan melonjak loh. Ternyata menyusui dapat membantu menurunkan berat badan pasca kehamilan kok.

Bayi Anda yang pada awalnya lemah dan sangat rapuh berubah menjadi seorang anak yang gemuk dan menggemaskan setelah Anda menyusuinya bukan? Hal tersebut dapat diibaratkan seperti mentransfer kegemukan Anda kepada si kecil nih, Ladies.

Artinya berat badan sang ibu dapat berkurang jika menyusui secara teratur. Keta Robert Wol dalam babycenter.com bayi pada dasarnya menghisap kalori langsung dari tubuh sang ibu. Oleh karenanya, kalori yang dikonsumsi oleh ibu pada akhirnya akan dihisap oleh si kecil. Dan menimbulkan turunnya berat badan sang ibu.

Namun sayangnya, tidak semua ibu merasakan hal tersebut, Ladies. Salah satu ibu di Ameika mengatakan bahwa ia tidak kehilangan sedikit berat badanpun saat menyusui. Justru berat badannya turun setelah ia menyapih si bayi loh.

Bahkan, dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh babycenter.com, 40 persen ibu mengatakan bahwa menyusui tidak membantu mereka menurunkan berat badan sedangkan 60 persen mengatakan bahwa berat badan mereka turun.

Hal ini terjadi mungkin karena adanya perbedaan secara fisiologis pada masing-masing ibu menyusui. Belum ada penelitian yang menjelaskan mengapa demikian, namun ada salah satu hormon menyusui yang terlibat pada system pencernaan dan membuat lambatnya metabolisme dalam tubuh.

Bisa jadi hormon tersebut juga menjadikan pencernan ibu menyusui lancar sehingga tidak membutuhkan banyak kalori.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading