Sukses

Parenting

Kehamilan Minggu Ke-20

Ladies, parenting.com melansir bahwa ketika kehamilan Anda berumur dua puluh minggu, maka bayi Anda sudah tumbuh sepanjang 10 inchi, dan memiliki berat badan sebesar setengah kilo.

Pada masa ini, bayi Anda akan mulai memproduksi sebuah cairan creamy yang memiliki nama ilmiah vernix caseosa. Cairan ini akan melindunginya dari air ketuban, karena dia mulai belajar untuk bernafas ketika keluar dari rahim.

Saat belajar bernafas, dadanya naik turun, seakan-akan dia benar-benar bernafas dengan menggunakan hidung. Tidak hanya itu, pada minggu kedua puluh, genital bayi Anda sudah terbentuk dengan sempurna. Cepat-cepat USG Ladies, kalau Anda tidak sabar mengetahui jenis kelamin janin Anda.

Pada minggu kedua puluh, uterus Anda sudah mulai naik hingga setinggi pusar Anda. Setiap minggu, uterus akan naik sebanyak 1 sentimeter. Pada saat ini, bidan dan dokter Anda tidak perlu lagi menggunakan alat untuk mendengarkan detak jantung bayi Anda, karena sudah terdengar cukup jelas dengan menggunakan stetoskop.

Di minggu ini dan seterusnya, kuku Anda akan tumbuh lebih cepat. Anda disarankan untuk lebih merawat kesehatan kuku. Melakukan manicure pedicure juga sangat dianjurkan.

Kemudian, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi banyak kalsium dan Vitamin D, karena bayi Anda sedang membutuhkannya untuk pertumbuhan tulang. BIla Anda lactose-intolerant, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi nasi, susu kedelai, keju, dan yogurt.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading