Sukses

Parenting

Ibu Menyusui Wajib Konsumsi Daun Kelor

Setelah menjaga adik bayi selama 9 bulan di dalam kandungan, kini saatnya ibu merawat dia untuk tumbuh menjadi anak yang sehat. Jadi, hal yang paling penting adalah memberinya ASI. Agar bayi mendapatkan ASI yang cukup, ibu juga harus berusaha agar produksi ASInya tetap lancar. Bagaimana caranya?

Ibu harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi karena ibu dengan nutrisi rendah kemungkinan akan memiliki cadangan ASI yang lebih sedikit. Menurut breastfeedingtipsandbenefits.blogspot.com, Ibu menyusui memproduksi sekitar 650-750 gram dan mengandung 330 mg kalsium. Jadi ibu hamil butuh 500 kalori per hari.

Banyak sekali sumber makanan yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan produksi ASI, salah satunya adalah daun kelor. Daun yang biasanya digunakan yaitu daun kelor muda. Daun kelor bisa mengatasi masalah pencernaan, konstipasi atau sembelit, dan kram pada perut.

Ekstrak daun kelor juga bisa mematikan cacing-cacing di usus. Selain itu, ekstrak daun kelor yang dicampur dengan madu bisa bermanfaat untuk mengatasi sakit mata dan juga bekas luka.

Daun kelor ini mengandung vitamin A, B, dan C seperti tumbuhan berdaun lainnya. Ahli gizi mengatakan bahwa 200 mg daun kelor setara dengan nutrisi dari 4 telur dan 2 gram susu. Sedangkan 100 gram daun kelor setara dengan 75 kalori makanan bergizi, 60 gram protein, 13 gram karbohidrat, dan 353 mg kalsium.

Kandungan mineral pada daun kelor lebih banyak dari sayur lainnya misalnya niacin, tiamin, fosfor, dan asam askorbik. Daun kelor juga mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia. 

Nah, terbukti kan jika daun kelor bukan saja populer sebagai tanaman peluntur susuk, tapi sangat efektif memperlancar ASI. Ayo ibu, mulailah konsumsi daun kelor minimal sehari sekali ya!

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading