/kesehatan/26452-penyebab-rambut-rontok-pada-anak-i.html

Penyebab Rambut Rontok Pada Anak (I)

Senin, 15 Juli 2013 09:17



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Kerontokan rambut tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun juga bisa mengalami kerontokan rambut. Seperti yang dikutip dari children.webmd.com, sebagian besar balita yang berusia 26 bulan ke atas rentan mengalami kerontokan rambut.

Ada berbagai macam penyebab kerontokan rambut pada anak, di antaranya:

Tinea capitis

Tinea capitis adalah sebuah infeksi yang terjadi karena jamur. Infeksi ini akan mengakibatkan kerontokan rambut pada anak. Pada kulit kepala anak yang terinfeksi jamur ini akan muncul bintik-bintik kecil berwarna hitam. Infeksi ini menular, jadi Anda harus memastikan agar topi, sisir, bantal, maupun jepitan rambut anak tidak dipakai bergantian dengan orang lain. Untuk menyembuhkan infeksi jamur penyebab kerontokan rambut ini, gunakan sampo antijamur yang mengandung selenium sulfide atau ketoconazole.

Alopecia areata

Kerontokan rambut tidak menular ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh anak yang menyerang akar rambut. Sekitar 25 persen anak yang mengalami kerontokan rambut karena alopecia areata akan memiliki jari-jari yang berbintik. Tidak ada pengobatan khusus yang dapat dilakukan untuk mengatasi kerontokan karena Alopecia areata ini. Mengoleskan krim yang mengandung corticosteroid mungkin akan cukup membantu mengatasi kerontokan rambut pada anak.

Hypothyroidism

Hypothyroidism adalah keadaan di mana kelenjar tiroid tidak berada pada kondisi aktif dan memproduksi sedikit hormon tiroid. Diagnosa apakah anak mengalami kerontokan rambut karena hypothyroidism hanya dapat dilakukan melalui tes darah maupun scanning terhadap kelenjar tiroid.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...