Sukses

Parenting

Cacar Air Pada Anak

Apakah putra-putri ladies pernah terserang cacar air? Ya, cacar air adalah salah satu infeksi yang menyerang anak-anak ketika sistem imun tubuhnya melemah. Cacar air disebabkan oleh virus bernama varicella-zoster. Cacar air hanya terjadi sekali seumur hidup karena ketika cacar air menyerang, sistem imun anak akan membentuk antibodi yang memerangi virus tersebut lalu memberi pertahanan seumur hidup.

Seperti yang dikutip dari patient.co.uk, berikut ini adalah beberapa gejala cacar air yang lazim terlihat.

  1. Demam tinggi, nyeri di seluruh badan, dan sakit kepala yang biasa terjadi sehari sebelum munculnya bintik-bintik kemerahan pada kulit anak
  2. Bintik-bintik kemerahan pada kulit anak yang menimbulkan rasa gatal. Bintik-bintik tersebut mengandung cairan dan mengelompok di beberapa bagian tubuh anak
  3. Sakit tenggorokan dan batuk kering

Bintik-bintik kemerahan yang mengandung cairan tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu sampai dua minggu. Meskipun menimbulkan rasa gatal, jangan biarkan anak menggaruknya. Menggaruk bintik-bintik cacar air dapat meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang dari kulit.

Selama bintik-bintik kemerahan belum hilang, jangan memandikan anak atau membiarkan anak keluar rumah dan terkena angin. Kedua hal tersbut akan membuat bintik-bintik kemerahannya semakin gatal.

Untuk menurunkan demam yang menyertai cacar air, berikan sirup penurun panas seperti parasetamol.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading