Sukses

Parenting

Panduan Gizi Lengkap Untuk Ibu Hamil

Ibu mungkin sempat mual dan muntah di awal kehamilan. Rasanya seperti tidak selera makan ya? Tapi tetaplah mencoba untuk mengatur pola makan yang sehat seperti yang disarankan webmd.com berikut ini:

- Konsumsi makanan yang bervariasi tiap harinya seperti: 2-4 kali sajian buah-buahan, 4 kali atau lebih sajian sayuran, 4 kali atau lebih sajian produk olahan susu, 3 kali sajian sumber protein seperti daging, ayam, unggas, ikan, telur, dan kacang. Usahakan agar porsinya tidak terlalu banyak dalam tiap kali sajian.

- Konsumsi makanan berlemak dan manis dalam jumlah sedikit.

- Pilih makanan dengan kadar serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran

- Pastikan Anda mendapat vitamin dan mineral yang cukup setiap harinya. Sebaiknya minum suplemen yang disarankan dokter Anda.

- Makan dan minum sekitar 4 kali sajian bahan olahan susu dan makanan kaya kalsium setiap hari untuk mendapatkan 1000-1300 mg kalsium per harinya.

- Makan paling tidak 3 kali sajian makanan kaya zat besi setiap hari untuk memastikan Anda mendapatkan 27 mg zat besi per harinya.

- Pilih minimal satu sumber utama vitamin C setiap hari seperti jeruk, stroberi, papaya, brokoli, bunga kol, paprika hijau, dan tomat. Ibu hamil membutuhkan vitamin sebanyak 70 mg per harinya.

- Pilih minimal satu sumber utama asam folat seperti sayuran berdaun, daging sapi muda, dan kacang-kacangan. Setiap ibu hamil membutuhkan minimal 0,4 mg asam folat per harinya agar bayi terhindar dari kelainan otak.

- Pilih minimal satu sumber vitamin A seperti wortel, labu, dan bayam.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading