Sukses

Parenting

Masalah Gigi Pada Ibu Hamil

Menjaga dan merawat kesehatan gigi bagi ibu hamil ternyata tidak kalah penting dari memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Tidak sehatnya gigi si ibu bahkan dapat menyebabkan si bayi lahir secara premature atau bahkan keguguran menurut pregnancy-ino.net.

Kerusakan parah pada gigi ibu hamil akan merangsang keluarnya hormon prostaglandin yang menimbulkan kontraksi pada otot rahim. Sehingga apabila hormon prostaglanding terus menerus dihasilkan makan kontraksi yang berkelanjutan pada rahim akan mendorong bayi cepat keluar sebelum waktunya atau bahkan keguguran.

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil menyebabkan gusi si ibu menjadi lebih lunak sehingga memicu terjadinya peradangan pada gusi. Hal ini utamanya terjadi pada ibu yang sangat tidak menjaga kebersihan gigi dan gusinya.

Tanda awal dari kurangnya kebersihan gigi dan gusi adalah dari pendarahan yang terjadi pada gusi. Biasanya terjadi pada bagian gigi dan gusi yan gtidak terjangkau dengan baik saat sikat gigi sehingga terjadi inflmasi.

Perubahan hormon pada ibu hamil juga mempengaruhi kesehatan mulut dan giginya. Pada trimester awal kehamilan yaitu pada masa si ibu hamil sering mengalami mual dan pusing, produksi air liur yang bisa mengandung kuman akan lebih banyak.

Oleh karena itu, ibu hamil harus lebih memperhatikan kesehatan gigi dan gusi dengan cara berkumur dengan larutan pembersih mulut setelah sikat gigi, sebelum tidur dan setelah makan. Hal ini akan mengurangi kuman yang tumbuh di dalam rongga mulut yang menyebabkan sakit gigi dan bau mulut.

Oleh: Asa Pilar

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading