Kenali Macam-Macam Makanan Penyebab Diare pada Anak (II)

Sabtu, 13 Juli 2013 15:38



Vemale.com - Pada artikel terdahulu, Ladies telah mengenal beberapa akan pemicu diare. Selain makanan yang digoreng, gula buatan, makanan berserat, dan kubis, terdapat beberapa jenis makanan lain yang juga dapat memicu terjadinya diare pada anak bila dikonsumsi secara berlebihan seperti dilansir webmd.com:

Buncis

Buncis mengandung gula yang tidak dapat dicerna oleh tubuh yang dapat memicu produksi gas yang berlebihan di dalam perut. Tubuh anak tidak memiliki cukup enzim untuk mengurai zat gula tersebut sehingga bakteri berkembang di dalam perut dan menyebabkan produksi gas yang berlebihan.

Fruktosa

Jenis makanan yang mengandung fruktosa seperti permen dan jus buah serta minuman seperti soda tidak dapat dicerna dengan baik di dalam sistem pencernaan anak. Akibatnya, anak mengalami kram perut dan diare.

Makanan dan minuman yang mengandung laktosa

Beberapa anak yang alergi terhadap laktosa sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung laktosa, seperti produk-produk hasil peternakan (susu, keju, dan yogurt).

Nah, setelah ladies tahu tentang makanan-makanan yang dapat menyebabkan diare pada anak, maka disarankan agar ladies dapat membatasi sajian makanan tersebut untuk anak. Apabila diare terlanjur menyerang, pastikan agar anak minum banyak air untuk menghindari dehidrasi. Lalu, berikan larutan oralit serta makanan lunak yang mudah dicerna seperti bubur. Dalam waktu kurang dari 24 jam, diare anak akan terhenti.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

25 Agustus - 31 Agustus
Akan ada beberapa pihak yang memaksakan kehendak mereka terhadap Anda Jika...