Sukses

Parenting

Kenali Macam-Macam Makanan Penyebab Diare Pada Anak (I)

Memilih secara selektif jenis makanan apa yang dikonsumsi anak adalah sebuah hal yang penting untuk dilakukan oleh para ibu. Hal ini dikarenakan perut anak sangat sensitif. Salah makan sedikit, bisa-bisa diare menyerang.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pemicu terjadinya diare pada anak bila dikonsumsi secara berlebihan menurut webmd.com, sehingga harus dihindari.

Makanan yang digoreng

Mengonsumsi makanan yang digoreng secara terus menerus dapat memicu terjadinya diare pada anak. Apalagi jika makanan yang digoreng tersebut disajikan dengan saus. Oleh karena itu, lebih baik sajikan makanan yang dipanggang untuk si kecil dengan sedikit saus yang dicampur dengan sayuran.

Gula buatan

Mengonsumsi 50 gram sorbitol perhari dapat membuat anak mengalami kram pada perut yang kemudian berefek pada diare. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa mencerna gula buatan seperti sorbitol. Oleh karena itu, batasi permen karet yang dikonsumsi anak karena permen karet mengandung sorbitol.

Makanan berserat

Jenis makanan kaya serat seperti padi-padian dan sayuran sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun bila anak mengkonsumsi makanan berserat terlalu banyak, dampaknya juga kurang baik. Perut anak akan memproduksi terlalu banyak gas sehingga perut anak kembung.

Kubis

Jenis makanan seperti kubis dan brokoli mengandung gula yang tidak dapat dicerna tubuh. Akibatnya, konsumsi banyak kubis dan brokoli akan membuat perut anak memproduksi terlalu banyak gas.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading