Sukses

Parenting

Konsumsi Zat Besi Tiap Hari, Tingkatkan Berat Badan Bayi di Kandungan

Nutrisi pada masa kehamilan harus terpenuhi dengan baik. Jika tidak, akan ada berdampak pada kondisi kesehatan Anda sebagai ibu hamil maupun kondisi kesehatan buah hati yang berada di dalam rahim Anda.

Hal ini karena apapun yang Anda lakukan atau Anda konsumsi akan berpengaruh secara langsung pada si kecil. Medicalxpress.com mengabarkan studi yang meneliti tentang efek zat besi pada kehamilan Anda.

Dari studi yang dilakukan oleh para peneliti dari UK maupun Amerika Serikat menganalisis hasil dari 90 penelitian yang berusaha menguak kegunaan zat besi pada kondisi prenatal, termasuk anemia. Tampaknya zat besi berpengaruh cukup besar pada kondisi kehamilan karena dapat meningkatkan berat badan bayi.

Karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi 60mg zat besi setiap harinya untuk mengoptimalkan efek dari zat besi pada berat badan bayi. Zat besi yang dikonsumsi secara teratur setiap hari juga menurunkan resiko berat badan kecil pada bayi.

Zat besi sebenarnya lebih ditujukan untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Tetapi ternyata kandungan mineral ini juga berpengaruh terhadap kehamilan. Ketika anemia Anda telah teratasi, resiko kelahiran prematur dan berat badan di bawah normal akan berkurang.

Hasil penelitian juga mengindikasikan setiap peningkatan konsumsi zat besi hingga 10 mg per harinya (maksimal 66mg tiap hari) dapat mengurangi masalah anemia pada ibu sebanyakk 12% dan berat badan bayi juga bertambah sebanyak 15 gram.

Terlebih lagi, resiko lahir dengan berat badan rendah berkurang hingga 3%. Tidak ada perbedaan pada durasi konsumsi zat besi selama hamil.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading