Sukses

Parenting

Ibu dan Bayi: Gambaran Obesitas di Amerika Serikat

Menurut sebuah penelitian dari Children's Mercy Hospitals and Clinics di Kansas, wanita Amerika sekarang lebih gemuk dan begitu juga yang terjadi pada bayi mereka. Penelitian ini dipresentasikan pada 4 Mei 2010 di pertemuan tahunan Pediatric Academic Societies. Penelitian ini menemukan bahwa lebih dari 74.000 kelahiran menggambarkan adanya kenaikan signifikan pada komposisi lemak di tubuh para bayi dari tahun 1990 ke tahun 2005. Hal ini tentunya juga terjadi pada ibu mereka selama kehamilan.

Dilansir situs babyzone.com, para peneliti juga mengumumkan bahwa ibu yang memiliki Indeks Masa Tubuh (IMT) lebih dari normal, bahkan obesitas, cenderung mempunyai bayi dengan tubuh lebih gemuk daripada ibu dengan IMT normal atau kurus. Dengan adanya penelitian ini dan semakin bertambahnya fenomena obesitas di Amerika Serikat, obesitas dapat dicegah sejak dini.

Felix Okah dalam sebuah studinya mengatakan bahwa tetap penting untuk mengetahui berat badan dan IMT ibu sebelum hamil, dan berapa banyak berat tuuhnya bertambah selama kehamilan. Dengan memastikan seperti itu, obesitas dapat dicegah sejak dalam kandungan. Langkah preventif sejak kehamilan dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi mulai dari dalam kandungan, temasuk mencegah obesitas.

Bagi ibu, informasi ini sangat berguna untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga berat badan sedini mungkin bahkan sebelum kehamilan—sehingga saat hamil, ibu akan lebih mudah menjaga berat badan yang ideal. Konsultasi secara rutin dengan dokter mengenai perkembangan kehamilan dan kenaikan berat badan yang ideal.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading