Sukses

Parenting

Efek Kehamilan Pada Kulit

Masa kehamilan tentu memberikan banyak perubahan pada tubuh. Nah, salah satu perubahan yang dapat diamati pada tubuh adalah pada bagian kulit.

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam situs kidshealth.org, banyak orang yang berpendapat bahwa kulit para wanita yang sedang mengandung akan terlihat lebih bercahaya. Hal ini terjadi bukan hanya karena faktor kebahagiaan yang menyelimuti para calon ibu, namun juga karena perubahan hormon tubuh selama mengandung.

Lebih tepatnya, fenomena kulit para wanita yang sedang mengandung terjadi karena perubahan hormon dan karena kulit tubuh yang semakin tertarik memanjang untuk mengakomodasi tubuh yang akan semakin membesar.

Tak hanya itu, tertulis dalam situs yang sama, perubahan pada kulit juga muncul dalam bentuk noda-noda berwarna kecoklatan atau kekuningan pada wajah, yang biasa disebut dengan chloasma atau “masker kehamilan”. Beberapa dari anda juga mungkin akan menemukan adanya garis-garis gelap pada bagian tengah perut bagian bawah yang disebut linea nigra.

Kadang anda mungkin akan mengalami pula hyperpigmentation atau penggelapan pada kulit pada daerah-daerah tubuh tertentu seperti pada puting susu, bagian external genitalia, dan pada bagian sekitar dubur.

Tertulis dalam situs ini, chloasma, linea nigra, dan hyperpigmentation muncul karena perubahan hormon tubuh yang menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak pigmen dari biasanya. Hanya saja, pigmen yang dihasilkan tidak merata, sehingga hasilnya akan tampak seperti warna-warna gelap yang bertebaran di permukaan kulit.

Masih banyak lagi efek kehamilan pada kulit, seperti timbulnya jerawat dan munculnya rasa gatal pada kulit. Namun, semoga hal-hal yang kurang menyenangkan ini tidak mengganggu aktivitas anda selama mengandung.

Penulis: Alfi Suci D

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading