Sukses

Parenting

Dampak Kehamilan Pada Kesehatan Jantung

Bagi ladies yang memiliki kondisi jantung yang kurang sehat, ketika berada dalam masa kehamilan ladies harus lebih waspada. Mengapa begitu? Karena kehamilan bisa mempengaruhi kerja jantung dan sistem peredaran darah. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ladies yang memiliki gangguan jantung bisa melahirkan bayi yang sehat.

Bagaimana kehamilan bisa mempengaruhi kerja jantung?

Seperti yang dikutip dari mayoclinic.com, kehamilan dapat menekan kerja jantung dan sistem peredaran darah. Selama dalam masa kehamilan, volume darah meningkat 30 hingga 50 persen untuk memberi nutrisi bagi janin di dalam rahim. Akibatnya, kerja jantung juga lebih keras karena harus memompa darah 30 sampai 50 persen lebih banyak daripada waktu normal.

Begitu pula dengan saat persalinan berlangsung. Ketika ibu hamil mengejan, aliran darah dan tekanan berubah secara drastis. Saat bayi sudah lahir, aliran darah melalui uterus yang menurun juga dapat menekan kerja jantung.

Beberapa gangguan jantung yang dipengaruhi oleh kehamilan adalah:

1. Irama jantung yang abnormal, namun biasanya masalah ini tidak menimbulkan masalah yang lebih serius pada kehamilan

2. Gangguan pada katup jantung yang bisa beresiko meningkatkan komplikasi selama hamil. Katup jantung yang tidak bekerja dengan sempurna dalam mengakibatkan terjadinya endocarditis

3. Congestive heart failure

4. Congenital heart defect

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading