Sukses

Parenting

Posisi Tidur Yang Baik Saat Mengandung

Mencari posisi tidur yang nyaman mungkin akan semakin susah dilakukan para calon ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Apalagi jika bayi dalam kandungan sudah tumbuh semakin besar.

Nah, karena waktu tidur merupakan waktu yang penting untuk tubuh beristirahat setelah melakukan banyak aktifitas sehari-hari, tidur malam yang nyaman adalah kebutuhan penting bagi Anda, terutama para ibu hamil.

Di bawah ini merupakan tips tidur dalam posisi yang nyaman berdasarkan informasi yang didapat dari situs kidshealth.org.

Karena banyak dokter yang menyarankan untuk tidur menyamping dengan lutut ditekuk selama masa kehamilan, sebaiknya bagi Anda yang terbiasa tidur terlentang atau tengkurap, masa-masa awal kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk membiasakan diri mengganti posisi tidur Anda.

Tidur dalam posisi terlentang memang sangat tidak disarankan, apalagi jika bayi dalam kandungan sudah tumbuh cukup besar. Dijelaskan di situs yang sama, ketika Anda tidur terlentang, berat bayi kemungkinan akan menindih pembuluh darah besar (inferior vena cava), sehingga akan mengganggu aliran darah dari jantung ke bagian kaki.

Disarankan pula dalam situs ini agar, kalau bisa, Anda tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Dijelaskan bahwa tidur dalam posisi menyamping ke kiri dapat mencegah uterus menimpa organ hati dan juga dapat membantu memperlancar peredaran darah ke jantung.

Namun, mungkin banyak yang khawatir bahwa selama tidur, tubuh akan secara tidak sadar berubah ke posisi terlentang. Hal ini dapat dicegah dengan memberi penyangga berupa guling atau bantal agar posisi tubuh tidak mudah berubah.

Oleh: Alfi Suci D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading